Diktat Kundalini (versi 0.1)


Hal-hal penting yang harus diingat dalam melatih dan menggunakan energi Kundalini:
  • Walaupun energi Kundalini dapat mempercepat proses penyembuhan, ini bukan berarti anda menjadi kebal terhadap penyakit atau kebal apapun. Tetaplah menjaga kesehatan anda dengan hidup yang sehat dan teratur.                  
  •  Banyak hal yang diulas didalam diktat ini adalah hasil pengalaman dari segelintir orang; sangat memungkinkan jika anda mengalami atau mendapatkan hasil yang berbeda. Jika ada sesuatu yang dirasa sangat aneh, jangan didiamkan dan konsultasikan kepada bidang Penelitian dan Pengembangan Waskita Reiki
KUNDALINI
Secara tradisional, Kundalini dianggap sebagai energi yang “dahsyat” dan “bersarang” di tulang ekor atau di perineum. Anggapan ini tidak benar karena Kundalini itu sebenarnya adalah benda fisik, yakni sel pertama manusia, yang terbentuk pada saat sel telur dibuahi oleh sperma. Lokasi
awalnya juga tidak berada di dalam tulang ekor ataupun di perineum, melainkan di ujung salah satu pembuluh kapiler tempat penyerapan cairan dari tulang belakang, yang posisinya tidak jauh dari pangkal tulang ekor .

KEBANGKITAN KUNDALINI
Pada proses kebangkitan Kundalini, yang terjadi adalah didorongnya Kundalini untuk bergerak menelusuri pembuluh kapiler tersebut dan menuju tulang belakang, tepatnya pertemuan antara tulang belakang dengan tulang ekor (cakra dasar). Dalam perjalanan selanjutnya kundalini akan bergerak naik ke atas menelusuri saluran cairan otak dan tulang belakang (cerebrospinal fluid), sampai mencapai rongga tempat cairan otak diproduksi. Belum diketahui tepatnya apa yang akan terjadi ketika Kundalini mencapai ronga tersebut.

MANFAAT KUNDALINI
Sebagai sel pertama dari setiap manusia, Kundalini memiliki keistimewaan dibandingkan sel lain:
Kundalini menyimpan informasi lengkap tentang struktur tubuh manusia, sehingga hanya Kundalini yang mampu memproduksi sel muda (stem cell) baru. Bila terjadi kerusakan pada organ penting di tubuh, maka otak akan memerintahkan stem cell untuk berubah menjadi sel organ tersebut dan memperbaiki kerusakan. Bila jumlah stem cell tidak mencukupi, maka otak akan mengirim permintaan pada kundalini untuk memproduksi stem cell baru. Karena permintaan ini harus dikirim melalui jalur syaraf di tulang belakang, dengan semakin dekatnya jarak antara Kundalini dengan otak, berarti kemampuan tubuh untuk memperbaiki kerusakan jaringan akan semakin baik dan semakin cepat, dan semakin memperkecil kemungkinan kegagalan perbaikan sebagai akibat dari tidak sampainya permintaan dari otak ke Kundalini.
Selain itu, sebagai sel induk, kundalini juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan energi selsel yang ada di sekitarnya. Sebagai akibat dari kemampuan ini, maka dalam perjalanannya menelusuri tulang punggung, setiap melewati daerah suatu cakra, maka kundalini akan meningkatkan ukuran dan keaktifan cakra tersebut. Berikut adalah efek dari peningkatan cakra sebagai akibat dilalui oleh Kundalini:

Cakra dasar
Lebih tenang dalam menghadapi masalah-masalah yang berhubungan dengan kelangsungan hidup

Cakra seks
Peningkatan gairah dan stamina, sehingga dapat bekerja lebih baik untuk waktu yang lebih panjang. Peningkatan ini juga dapat memperbaiki kualitas hubungan seksual.

Cakra solar plexus
Peningkatan rasa percaya diri dan keberanian. Kundalini juga akan mengaktifkan perisai energi yang kuat dan dapat menghentikan energi dari luar. Perisai ini akan tetap aktif walau pada saat tidur.

Cakra jantung
Peningkatan kepekaan terhadap energi dan terhadap perasaan orang lain

Cakra tenggorokan
Peningkatan kepekaan indera penciuman serta indera pengecap, sehingga mampu mencium aroma dari jauh, dan dapat mengecap rasa makanan walau belum dimasukkan ke dalam mulut.

Cakra ajna
Belum diketahui.

KUNDALINI SYNDROME
Masuknya Kundalini ke tulang belakang akan menghasilkan perubahan struktur energi yang signifikan. Dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan struktur energi ini, tubuh dapat memberikan reaksi berupa demam, pusing, rasa ngilu di tulang punggung, peningkatan emosi dan berbagai reaksi lain, tergantung dari cakra yang dilalui.. Reaksi-reaksi akibat kebangkitan Kundalini ini dikenal dengan istilah Kundalini Syndrome. Akan tetapi, hanya karena anda mengalami demam atau pusing setelah meditasi atau berlatih sesuatu, bukan berarti pasti disebabkan oleh pergerakan Kundalini di tulang belakang. Reaksi yang paling umum dirasakan pada saat kundalini baru memasuki tulang belakang adalah demam. Ada dua cara untuk memastikan bahwa Kundalini sudah memasuki tulang belakang, yakni dengan melihatnya secara clairvoyance atau mengukur ketebalan aura dengan menggunakan tangan. Ketika posisi kundalini berada dibawah cakra dasar ketebalan aura manusia hanya 15 sampai 30 centimeter namun pada saat posisi Kundalini melewati cakra dasar dengan sendirinya ketebalan aura akan mengembang mencapai 1 meter bahkan lebih. Sejauh ini, hanya kemampuan clairvoyance yang diketahui dapat digunakan untuk memastikan pergerakan Kundalini ke arah cakra seks ke atas.

MENAIKKAN POSISI KUNDALINI
Ada banyak teori latihan dan meditasi untuk menaikkan posisi Kundalini, akan tetapi berbagai latihan dan meditasi tersebut hanya benar-benar bermanfaat bagi orang yang Kundalininya belum melewati cakra dasar. Setelah melewati cakra dasar, cara terbaik untuk menaikkan posisi kundalini adalah dengan membantu orang lain. Tentu saja, yang dimaksud disini bukan semua tindakan membantu, tetapi secara spesifik membantu orang lain dengan menggunakan energi Kundalini.
Ada beberapa faktor yang menentukan seberapa cepatnya terjadi kenaikan posisi kundalini sebagai hasil dari membantu orang lain:
  • Orang yang dibantu harus tahu dan memang mau dibantu; apabila bantuan diberikan tanpa diketahui dan disetujui oleh penerimanya, maka tidak akan ada hasilnya.
  • Bantuan yang diberikan harus sampai membawa hasil. Misalnya jika melakukan transfer energi kundalini untuk terapi suatu masalah kesehatan, maka terapi tersebut harus ada hasilnya, walau tidak harus sampai sembuh, setidaknya harus ada kemajuan, jadi tidak bisa asal-asalan atau buru-buru.
  • Semakin “susah payah” dalam memberikan bantuan, akan semakin besar hasil yang diterima. Ini berarti membantu 20 orang dalam 1 hari akan menaikkan posisi kundalini lebih tinggi jika dibandingkan dengan membantu 2 orang sehari selama 10 hari berturut-turut.
  • Ada batasnya hasil yang dapat dicapai dengan membantu 1 orang, walau dilakukan berulang-ulang; jadi harus membantu banyak orang.
  • Semakin tinggi posisi kundalini, semakin banyak orang yang harus dibantu untuk menaikkannya. Misalnya pada saat posisi kundalini berada di cakra seks, membantu 10 orang mungkin sudah bisa menaikkan posisinya 1 cm, tetapi saat posisi kundalini sudah berada di cakra tenggorokan, membantu 100 orang hanya bisa menaikkan posisi kundalini 0,1 cm

MENGGUNAKAN ENERGI KUNDALINI
Energi Kundalini dikendalikan dengan niat, tanpa visualisasi dan tanpa afirmasi. Ada 3 teknik berbeda dalam menggunakan energi Kundalini dan masing-masing teknik ini memiliki manfaat yang berbeda.

Cara langsung
Untuk menggunakan energi Kundalini pada orang lain, niatkan energi Kundalini mengalir keluar lewat jari tengah. Dari bahu sampai ke jari tengah sebaiknya dalam posisi lurus namun tidak tegang. Penyaluran energi dapat menggunakan tangan kanan, tangan kiri atau kedua tangan sekaligus, namun dalam penggunaan tangan kiri harus lebih berhati-hati, karena jika dalam perjalanannya energi kundalini melenceng mengenai jantung, maka akan menimbulkan rasa mual dan tidak nyaman. Karena masalah ini, disarankan menggunakan tangan kanan demi kemudahan. Untuk menggunakan energi Kundalini pada diri sendiri, cukup meniatkan agar energi kundalini mengalir ke lokasi yang diinginkan. Penggunaan energi Kundalini secara langsung bermanfaat untuk mempercepat pemulihan organ dan tulang yang rusak, memaksa terjadinya daur ulang sel tumor jinak, serta menghancurkan batu ginjal dan batu empedu. Sensasi yang umum dirasakan sebagai akibat penggunaan secara langsung adalah rasa panas yang timbul dari dalam tubuh dan keringat yang mengucur deras.

Putaran energi panas.
Kumpulkan energi Kundalini di cakra dasar, sampai merasa hangat. Setelah merasa hangat niatkan energi tersebut memanjang ke atas melalui bagian depan tubuh, sampai menembus cakra mahkota. Setelah mencapai cakra mahkota niatkan energi tersebut terus memanjang dengan arah berbelok
turun kembali kebawah melalui punggung, sampai kembali mencapai cakra dasar, sehingga secara keseluruhannya membentuk suatu gelang. Setelah membentuk gelang, niatkan gelang energi tersebut berputar dengan arah yang sama seperti arah pembentukannya, semakin lama semakin cepat hingga terasa desakan kearah kiri dan kanan tubuh.
Melakukan putaran energi hangat ini memperkuat cakra solar plexus serta meningkatkan daya tahan seluruh organ dalam tubuh. Untuk menyalurkan energi ini ke orang lain, cukup meniatkan penyaluran lewat telapak tangan (baik kiri atau kanan, atau keduanya) sambil menjaga putaran energi tetap berlangsung. Bila dilakukan dengan benar akan terasa hembusan hawa panas mengalir dari telapak tangan.


Putaran energi dingin.
Kumpulkan energi Kundalini di cakra mahkota, sampai merasa ada hawa sejuk, lalu niatkan energi tersebut memanjang ke bawah melalui bagian depan tubuh, sampai mencapai cakra dasar. Setelah mencapai cakra dasar niatkan energi tersebut terus memanjang dengan arah berbelok naik kembali keatas melalui punggung, sampai kembali mencapai cakra mahkota, sehingga secara keseluruhannya membentuk suatu gelang. Setelah membentuk gelang, niatkan gelang energi tersebut berputar dengan arah yang sama seperti arah pembentukannya, semakin lama semakin cepat hingga terasa desakan kearah kiri dan kanan tubuh.
Melakukan putaran energi dingin ini menyembuhkan masalah-masalah yang ada di kulit. Untuk menyalurkan energi ini ke orang lain, cukup meniatkan penyaluran lewat telapak tangan (baik kiri atau kanan, atau keduanya) sambil menjaga putaran energi tetap berlangsung. Bila dilakukan dengan benar, akan terasa hembusan angin sejuk mengalir keluar dari telapak tangan.

PUTARAN PANAS DAN DINGIN SERENTAK
Bagi yang berlatih clairvoyance, jangan melakukan putaran energi dingin, karena clairvoyance membutuhkan energi panas dan putaran energi dingin akan membuyarkan energi panas, lalu mengakibatkan kemampuan clairvoyance tidak dapat digunakan selama kurang lebih satu jam, kecuali bila sudah mampu melakukan putaran hangat dan dingin secara bersamaan tanpa mengakibatkan tabrakan antara kedua putaran tersebut.
Untuk dapat melakukan putaran panas dan dingin serentak harus dapat memahami bahwa aliran panas dan dingin tersebut tidaklah saling bersilangan, melainkan berjalan berdampingan, hanya saja berlawanan arah. Jalur yang ditempuh dapat diibaratkan seperti dua utas tali yang dililitkan secara berdampingan pada sebuah gelang, sampai ujung kedua tali tersebut bertemu dengan pangkalnya masing masing.
Pemutaran serentak ini akan menghasilkan energi yang jauh lebih kuat dari gabungan keduanya, akan tetapi bila terjadi tabrakan maka akan mengakibatkan berbagai gangguan pada tubuh, oleh sebab itu melakukannya harus dalam keadaan tenang dan harus berhati-hati.

Copyright 2011 – Irwan Effendi – ingxiong@gmail.com

LINTAS BERITA TV INDONESIA- SUMBER INFO LINK